Senin, 16 Februari 2009

SISTEM OPERASI

Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi (SO, atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

 

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

Sistem operasi merupakan software yang tidak hanya sekedar software, karena Sistem operasi menjadi ibu software-software lain yang berjalan di dalamnya. Singkatnya  system operasi membentuk suatu platform agar aplikasi-aplikasi dapat berjalan diatasnya.

Tugas Sistem operasi adalah mengelola resource, secara umum terbagi atas:

1.     Pengelolaan Proses

Setiap program yang brjalan didalam computer (baik berupa service atau aplikasi) merupakan suatu proses. Sistem Operasi Mengelola eksekusi proses-proses yang terjadi secara multitasking

 

2.     Pengelolaan Memory

Secara hirarki, pemrosessan tercepat pada system computer dilakukan di register, CPU cache, RAM (Random Access Memory) dan terakhir pada disk storage (Virtual memory)

 

3.     Disk dan Sistem File

Pengelolaan file dan directory didalam disk drive termasuk salah satu tugas penting Sistem operasi.

 

4.     Jaringan

Perkembangan saat ini sebuah computer harus mempunyai network card yang terpasang, ditambah lagi dengan penggunaan jaringan wireless yang praktis dan semakin banyak digunakan. Dengan adanya jaringan juga memungkinkan computer yang walaupun berbeda Sistem operasi dapat berkomunikasi satu sama lain dan melakukan sharing resource.

 

5.     Security

Keamanan computer merupakan hal yang penting bagi system operasi, apalagi perkembangan jaringan computer. Dengan adanya jaringan computer semakin mempermudah proses komunikasi dan distribusi file antar computer.

 

6.     Grafik

Graphical User Interface (GUI) menjadi daya tarik sendiri, karena GUI merupakan tampilan bagi setiap Sistem Operasi.

 

7.     Device Driver

Sistem operasi boleh berbeda, tetapi hardware yang digunakan bisa jadi sama. Agar hardware tersebut dapat dikenali oleh system computer diperlukan device driver. Jadi device driver merupakan software agar system dapat berinteraksi dengan hardware, walau tidak semua device driver di sediakan oleh system computer.

  

1.    SISTEM OPERASI SAAT INI

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar: 

·         Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).

·         Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

·         Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).


TUGAS-1

1.     Apa yang dimaksud dengan  sistem operasi ?
2.     Sebutkan jenis-jenis sistem operasi ? 
3.     Sebutkan sistem operasi yang gratis ?
4.     Sebutkan tugas dari sistem operasi ?
5.     Jelaskan tugas sistem operasi pada Device Driver ?
6.     Sebutkan nama – nama sistem operasi windows yang kamu ketahui ?


Tulis Jawaban anda di Blog anda Masing-masing..... 

dengan Judul SISTEM OPERASI

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Nissan Car Pictures. Powered by Blogger